Test Footer 2

zwani.com myspace graphic comments

Senin, 14 Januari 2013

Nasehat dan Solusi Bagi Ummat

CARA TAUBAT:
1.Brtekad kuat untuk sunggh2 brtaubat,2.Brjanji untuk tidak pernah berbuat ma’siyat lagi,3.Melaksanakn perintah-larangan Allah,4.Memperhebat istiqfar,5.Minta maaf kepada orang-orang yang pernah disakiti,6.Mengembalikan harta yg bukan haqnya,7.Segera mandi taubat seperti mandi basah hanya niatnya taubat, biasanya kalau niat sunggh2 taubat saat mandi itu air matanyapun mulai menetes karena rasa menyesal,8.sholat sunnah taubat dua rakaat.(QS3:133).

MULIANYA ORANG BERTAUBAT
Alangkah mulianya hamba Allah yg sunggh-sungguh brtaubat: dicintai Allah(QS2:222),diampuni semua dosanya(QS39:53),ditutupi aibnya,dimuliakn Allah dengan syurga(QS66:8),hidupnya menjadi stabil, senang & bahagia(QS25:70), didoakan Malaikat(QS40:7),”Siapa yang mesti dibalas karena banyak dosanya selama di dunia tetapi tidak dibalas di akhirat karena taubatnya,itulah rahmat Allah untuk hamba yang sungguh-sungguh bertaubat”(QS40:9),SubhanAllah, ayo shabatku, jangan tunda lagi!
 
TANDA ORANG BERIMAN
Rasulullah brsabda diantra tanda2 hamba yg beriman:1.”wajhun tholiq” wajah yg bersih & murah snyum,2.”Lisanun layyinun” bicaranya jujur, santun & tampak rendh hatinya,3.”Yadun syahiyyun” murah hati, belas kasih, sgt dermawn & mmudahkn urusn,4.”Qolbun wasiun” lapang dada & baik sangka, jauh dr sifat buruk hati , sombong, dengki, bngga diri dsb. Smoga Allah hiasi diriku & smua sahabat Fbku dg kmuliaan akhlak ini.

APABILA ADA ISU
Bila ada suatu “berita, isu apalagi tentangg aib sesorang muslim” maka “tabayyun”,
teliti, tdk menvonis,klarifikasi sampai jelas & dengar langsung dr
kedua pihak.(QS 49:6).Kalaupun benar aib itu, Nabi mengingatkan “istaru”
orang mu’min itu diam & menutupi aib saudaranya (QS49:13). Karena “aib”
muslim itu ditunggu mereka yang benci Islam & fitnah bagi yang awam.  Segera diselesaikn kekelurgaan deng hakim ulama yg bijak.


KUNCI pengLARIS dlm ISLAM;
Perhebat Istiqfar (Nuh 10-12), Sungguh-sungguh Taqwa (ath Tholaq 2), Tawakkal (ath Tholaq 3), Shilaturrahm, Sedekah (Saba 39), Haji-umrah, sholat dhuha, nikah,”Nikah pintu rizki”, Ibadah spenuh hati, “Siapa yg bribadah pdKU spenuh hati maka aku perintahkn dunia untuk melayaninya”(hadist qudsi).

KOK TENANG TIDAK BACA QURAN
SubhanAllah,,,kok bisa tenang hidup hari ini, padahal tadi pagi tidak baca Alqur’an…!?…Kalimat ini adalah sindiran bagi orang-orang yangg malas membaca Al Qur’an, padahal ia hidup dengan nikmat Allah…

KESOMBONGAN
Takabbur-sombong ;Menolak kebenaran & merendahkn org lain.Hasud;Tdk senang mlihat orang lebih sukses dari dirinya.Riya;Bramal tetapi di hatinya berharap pujian.Sum’ah;Senang mendengar pujian untuk dirinya.Ghibah;senang bicara aib orang lain. Gaibiyyah;Di pkirannya menjelekkan orang lain tanpa ada yang tahu selain dirinya. Ujub;Bangga pada dirinya sendiri. Inilh syrik yang lebih halus dari suara langkah semut…jauhilah penyakit hati ini, sahabatku.

CELAKA SANG PENGUMPAT
ALLAH berfirman :”Celakalah bagi setiap pengumpat & pencela” (QS 104:1). Rasulpun mengingatkan, “bukan mu’min yg suka mencaci, melaknat, berkata porno & kasar” .Dan Islampun melarang meniru-niru keadaan fisik seseorng untuk bahan lelucon, itu termasuk pengejek tercela.Ketahuilah sahabatku,”Apa yg keluar dari mulutmu itulah kamu..!”

KEPASTIAN MILIK ALLAH
“Hampir” bisa mengecewakan & menyenangkan. Hampir menang, hampir celaka, hampir jadi nikah dsb….semua itu disikapi Arif & tenang bg hamba Alllah yg beriman…kan’ kewajibn kita sebagai mahlukNya berjuang dalam ikhtiar, doa, baik sangka atas takdirnya lalu tawakkal…yg pasti saja tdk boleh berkata pasti tetapi katakanlah “Insya Allah”…(QS18:23-24).stres karena memaksakan kehendak, semua harus bisa padahal “siapa kita”?

BERZIKIRLAH TERUS
Shabatku fillah, “Teruslah berzikir kepada ALLAH karena zikirmu akan mnjadi “sulthon” raja yang akan menaklukkan nafu syahwatmu untuk tunduk patuh kepada ALLAH”, demikian nasehat Saidina Ali. Selama berzikir selama itu brsama ALLAH, kalau sudah brsama ALLAH berarti brsama MalaikatNYA, ridhoNYA, rahmatNYA, ampunanNYA, hidayahNYA, berkahNYA(QS2:152)…”you are alone but’s never lonely”,SUBHANALLAH.

IMAN BUKAN BERMAKNA PERCAYA SAJA
Sahabatku, kalau iman itu bermakna hanya percaya, Iblis percaya bahkan berdialog dg Allah, buka al A’rof 11-12.Krn itu tidak hanya percaya, tetapi harus diikrarkan dengan lisan & dibuktikan dengan amal. Semakin beriman seseorang hamba itu maka semakin jujur,lembut tutur katanya & semakin mulia akhlaknya, demikian sebaliknya.”Sungguh semakin sempurna iman seseorang hamba maka semakin mulia akhlaknya”,demikian sabda Rasulullah

BERZIKIR BERSAMA
Ketika Sahabat Salman Al Farisi bserta kawan-kawannya sibuk berzikir, lewatlah Rasulullah dihadapan mereka, merekpun terdian sebentar,”Apa yang sedang kalian lakukan?”, mereka mnjawab,”kami sedang brzikir”. Lalu Rasulullah brsabda,”Sungguh aku melihat rahmat ALLAH turun untuk kalian, maka hatiku pun tertarik bergabung bersama kalian brzikir, Segala puji bg ALLAH yang telah menciptakan ummatku yang aku diperintahkan duduk bersamanya brzikir”.(H.R. Imam Ahmad)

PERNIKAHAN BAROKAH
“Annikah Al Mambruk”(QS30:21),pernikahan yang diberkahi Allah adalah dimulai tanpa sentuhan sebelumnya,sampai dihalalkan Allah melalui ijab qobul. semakin lama perjalanan rumah tangga semakin bahagia semakin bertambah rejekinya, semakin mesra,manja,…eh seperti penganten anyar trus…dan yang pasti suami,istri dan anak-anak semakin dekat dengan Allah,itulah rumah tangga syurga kata Nabi….SubhanAllah.

KARAKTER MANUSIA
Sahabatku, ragam karekter manusia: 1. Sibuk membahas orang lain sinis kadang memvonis.2. Cuek, tidak mau tahu. 3. Dominan bicara tentang “aku” untuk pujian. 4. Seakan akrab penuh simpati padahal basa basi.5.Hanya manis di depan, di belakang mengumpat, 6. Bicara apa adanya, tulus mendengar,memandang dengan kasih sayang & asyik mmperbaiki diri….Sungguh yang ke 6 adalah pribadi mu’min “tiada yg paling kusukai kcuali perbaikan & kebaikan”(QS 11:88).

KECINTAAN
Cinta sepenuh hati kita kepada Allah,RasulNya & ingin selamat di Akhirat, membuat kita “ringan” berjalan di dunia…tidak geer karena pujian, tidak minder karena kekurangan,tidak sakit hati karena hinaan & tidak mau mendramatisir peristiwa dunia yang membuat air mata sia-sia , patah hati karena putus cinta dsb…Selain cinta padaNya, hancur,ibadahpun jadi malas & tidak khusyu’.Mulailah katakan “Saatnya bagi hamba untuk berjuang meraih CINTAMU ya ALLAH”.(QS9:24)

REFLEKSI ZIKIR
Saat terkejut lalu refleks menyebut “Allah/Allahu akbar/SubhanAllah/Astaghfirullah dsb”,tanpa direncanakan sebelumnya.Itulah yang disebut imam Ghozali,”alamatu zikrihi tajri fijasadihi” tanda zikirnya berjalan pada jasad & ruhnya,SubhanAllah.Allah brfirman,”Siapa yabg ingat Aku saat senang maka Aku ingat dia disaat susah”.saat terkejut,saat ada masalah, saat sakaratul maut.itulah saat pertolongn Allah bagi hamba yang selalu berzikir padaNya (QS2:152)

MUKMIN TAK MUDAH SAKIT HATI
Mengapa orabg beriman tidak mudah sakit hati ta’kala dihina, diumpat & difitnah (QS25:63) karena :1.Hidup ujian, 2.Untuk ampunan dosa, 3.Diangkat derazat karena sabar, 4.Dosa & sial kembali pada si penghina, 5.Membakar amal ibadah si penghina, 6.Ingat tidak ada yang tidak dibalas di akhirat kelak, 7.Doa mustajab karena dizolimi, 8.Hinaan membuat orang beriman muhasabah diri. 9,potensi dirinya untuk amal sholeh bukan melayani si penghina,SubhnAllah.

PENGABDIAN DALAM HIDUP
Ada tugas sekolah,ada tugas kantor,ada tugas negara,dan tugas2 lainnya,itu yang kita ketahui,kita lupa bahwa dalam hidup sementara ini juga ada TUGAS HIDUP…hidup ini mencari RIDHO ALLAH,dan tugas hidup kita MENGABDI kpd ALLAH (QS51:56)..bukan untuk harta,jabatan,sex,popularitas dsb..itu hanya alat hidup bukan tujuan,tujuan kita ridhoNYA,krn itu ustadz ucapkan, “selamat menjalankn tugas pengabdian kepada ALLAH,sahabatku”.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar